Reaktor Nuklir Kampus Bocor

BloggingWalk~Reaktor nuklir ~yang biasa digunakan untuk kegiatan penelitian di North Carolina State University ditutup karena ada kebocoran kecil. Pejabat universitas menyatakan, kebocoran di salah satu reaktor ini tidak akan menimbulkan risiko kesehatan.

“Reaktor dengan lisensi harus memberitahu jika ada kebocoran lebih dari 350 galon per jam. Fasilitas kami bocor sekitar 10 galon per jam. Meski kebocoran ini tidak mengandung risiko kesehatan, kami ingin memastikan semuanya aman dan masyarakat tahu situasi,” kata ahli fisika reaktor, Gerry Wicks.



Menurut Wicks, reaktor riset ini menampung lebih dari 15 ribu galon air dan pada kekuatan penuh sekitar satu megawatt. Ini jauh lebih kecil dibandingkan pembangkit nuklir Shearon Harris yang memiliki kekuatan 3 ribu megawatt.


Reaktor nuklir di kampus jauh lebih kecil daripada di pembangkit listrik komersial. Reaktor di kampus dirancang dengan minim risiko, bahkan dalam keadaan darurat, tidak akan cukup panas untuk menyebabkan kehancuran. Demikian seperti dikutip dari NCSU, Jumat (8/7/2011).



Reaktor universitas yang berlokasi di North Carolina, Amerika Serikat ini beroperasi sejak 1972. Reaktor ini merupakan satu dari dua lusin reaktor nuklir yang beroperasi di universitas di Amerika.
Kutipan-Okezone.com

0 comments:

Post a Comment