Ekspedisi:Mahitala Sukses Capai Tujuh Puncak Dunia

Tim Indonesia Seven Summits Expedition Universitas Parahyangan akhirnya sukses menapak puncak Denali, gunung tertinggi di Benua Amerika, Jumat (7/7/2011) sekitar pukul 11.00. Dengan pencapaian ini, mereka menjadi orang Indonesia pertama yang mencapai tujuh puncak tertinggi di tujuh benua.


Janathan Ginting (22)
dari Mahitala Universitas Katolik Parahyangan,
 Bandung,
mengibarkan Merah Putih di puncak Everest, Jumat (20/5).
Selain Ginting, tiga anggota Mahitala lain juga
 mencapai puncak, yaitu Broery Andrew (22),
Sofyan Arief Fesa (28), dan Xaverius Frans (24).
Keempat pendaki Mahitala yang telah mencapai tujuh puncak itu adalah Sofyan Arief Fesa, Xaferius Frans, Janatan Ginting, dan Broery Andrew Sihombing. Sebelumnya, mereka sukses mencapai puncak Carstensz Pyramid (Februari 2009), Kilimanjaro (Agustus 2010), Elbrus (Agustus 2010), Vinson Massif (Desember 2010), Aconcagua (Januari 2011), dan Everest (Mei 2011).


Sani Handoko, senior Mahitala yang membiayai ekspedisi ini mengatakan, misi kesuksesan pendakian ini menempatkan Indonesia untuk pertamakalinya dalam jajaran elit 277 pendaki dari tujuh miliar penduduk bumi, yang berhasil menjejakkan kaki di tujuh puncak dunia.

Di Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara kedua setelah Singapura, yang pendakinya, Swee Chiow Khoo, sukses menyelesaikan tujuh puncak tertinggi tersebut pada November 2000 sumber-Kompas.com

0 comments:

Post a Comment