Cara mudah Mengatasi Suami yang Cemburuan

Cara Atasi Cemburu dalam sebuah hubungan memang wajar. Namun kalau kecemburuan itu berlebihan tentu akan jadi tidak nyaman. Berikut ini trik mengatasi suami yang cemburuan.

Dok. Thinkstock
Merasa cemburu, marah atau sakit hati bisa terjadi dalam sebuah hubungan pernikahan. Khusus suami yang pencemburu, mereka akan melakukan berbagai hal seperti melarang Anda pergi tanpa didampinginya, diam-diam mengecek handphone atau email Anda, dan lain-lain.

Saat menghadapi suami yang suka cemburu ini memang sedikit sulit karena hal itu berkaitan dengan masalah kepercayaan. Kalau dalam sebuah hubungan tidak ada rasa saling percaya, tentu sulit untuk bertahan.


Namun bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasi kecemburuan tersebut. Pakar hubungan pernikahan dan percintaan ternama Dr. Phil McGraw memiliki dua saran untuk Anda dan pasangan agar masalah cemburu ini bisa diatasi. Seperti dikutip dari situs drphill.com, saran pertama, sebuah hubungan membutuhkan kedekatan emosional. Jadi sebaiknya jujurlah atas segala perkataan dan tindakan Anda agar kedekatan itu terjadi dan pasangan percaya.

Kedua, penulis buku 'Relationship Rescue' itu menyarankan jangan hanya membicarakan masalah cemburu ini saat Anda dan pasangan bertengkar. Diskusikan masalah tersebut saat Anda dan pasangan sudah tenang dan berpikiran jernih.

Selain dua hal di atas, khusus untuk Anda para istri, berikut hal lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi suami pecemburu:

1. Puji suami atas apa yang dilakukannya sehari-hari. Kebanyakan kecemburuan muncul karena rasa kurang percaya diri. Jadi buat suami merasa dirinya tampan, pintar dan kuat. Hal ini pun bisa membuatnya tidak berpikir kalau Anda mencintai atau mengagumi pria lain.

2. Komunikasikan pada pasangan apa saja sikap yang bisa Anda terima dan tidak terima dalam menjalani hubungan pernikahan itu. Biarkan suami paham kalau memata-matai Anda dan terlalu sering menelepon Anda hanya untuk mengecek bukanlah sikap yang membuat Anda tahan.

3. Hindari bertengkar karena masalah kecemburuannya. Cobalah tenangkan suami dengan rasa cinta dan suara lembut. Duduk bersama dan mengobrollah layaknya orang dewasa, tanpa saling berteriak tentunya. Kalau Anda juga marah-marah saat suami cemburu, dia akan merasa Anda justru menyembunyikan sesuatu.

4. Jaga hubungan dengan orang-orang yang bisa memicu kecemburuan suami. Hindari juga situasi yang bisa membuat suami cemburu pada Anda. Misalnya saja, jika Anda punya teman pria yang membuat suami merasa tidak 'aman', usahakan Anda bertemu dengan pria tersebut saat Anda pergi bersama suami. Contoh lainnya, kalau suami cemburu Anda berpakaian seksi saat keluar rumah, ubahlah gaya berpakaian Anda sesuai yang ditolerir suami.

5. Jangan membuat suami semakin terbakar cemburu dengan tindakan atau perkataan Anda. Misalnya saja, dengan tidak pergi hingga larut malam bersama teman-teman tanpa sepengetahuan suami. Jangan hindari telepon dari suami atau malah berbohong.(
eny/eny)sumber-Eny Kartikawati - wolipop

0 comments:

Post a Comment